-->

Cara Merakit Komputer Gaming PC Sendiri (Panduan Lengkap)

PC Gaming

Doyan main game? Ingin punya komputer (PC) gaming sendiri? Tidak usah khawatir, kini untuk memiliki sebuah komputer yg cukup andal untuk memainkan game-game berat seperti berikut ini:
Grand_Theft_Auto_GTA_V_Merakit_Komputer_Gaming
  • Call of Duty Ghosts
  • Crysis 3
  • Hitman Absolution
  • Grand Theft Auto (GTA) V
  • Far Cry 3
  • ARMA 3
  • Metro Last Light
  • Battlefield 4
  • Assassin's Creed Unity

Bisa dengan mudah Anda dapatkan dengan sedikit menabung demi mendapat budget yg pas. Tetapi tentu saja jika Anda bukan enthusiast / extreme gamers yg menginginkan kesempurnaan dalam detail gambar serta gameplay yg disuguhkan oleh performa spek PC Anda, dalam artian settingan ketika memainkan game-game tersebut di atas tidak harus selalu high/ultra dengan efek Anti Aliasing (AA) dan sebagainya. Apabila Anda cukup agar bisa memainkan mereka dan setting kualitas video yg memadai bagi mata biasa, maka berikut ini adalah panduan untuk merakit komputer gaming sendiri di rumah.



Saya terbiasa menyusun simulasi untuk merakit sistem komputer gaming dengan berdasarkan pada recommended system requirement dari game-game terbaru. Sebagai contoh, video game Grand Theft Auto V adalah seri terbaru yg dirilis developer game Rockstar yg dirilis ulang pada tanggal 14 April 2015. Oleh karena itu, sebagian besar parts yg saya tuliskan ini adalah berdasarkan recommended system requirements dari video game GTA V.

Sebelum memutuskan untuk merakit komputer gaming idaman Anda, maka ini adalah komponen komputer yg perlu Anda ketahui dan butuhkan dalam menyusun parts menjadi sebuah gaming PC:
  1. CPU

    Intel_BX80637I53470_Core_i5_i5-3470_3.2GHz_3400MHz_Socket-LGA1155_6Mb_L3_Cache_Quad_Core_Desktop_Processor
    Singkatan dari Central Processing Unit (CPU), biasanya disebut singkat sebagai processor atau "procie" saja. Ini adalah otak bagi komputer Anda, yg memproses perintah data dari berbagai kanal input dan setelah diproses mengeluarkan data tersebut sehingga bisa dieksekusi oleh komponen output yg lainnya. Performa dari CPU sangat mempengaruhi kinerja PC Anda secara keseluruhan.

    CPU Favorit saya sejak dulu adalah Intel Core i5-3470 (walaupun saat ini saya menggunakan Intel Core i5-2500K yg performanya hanya sedikit di bawah 3470). Saya menyebutnya sejak dulu karena memang sudah menulis artikel untuk merekomendasikan procie ini sejak bulan Januari tahun 2013, dan hingga kini di bulan April 2015, procie ini masih relevan dan up to date untuk digunakan bermain game keluaran terbaru seperti GTA V. Anda bisa membaca disini: Merakit Komputer Gaming High-End Murah.

    CPU dengan socket LGA 1155 ini dibanderol di harga Rp 2.320.000,- (berdasarkan referensi dari www.rakitan.com/simulasi.php pada tanggal 23/04/2015 dengan kurs di angka Rp 12.949,- per satu dollar Amerika). Menariknya, CPU ini memang di luar negeri sana mengalami kenaikan harga. Jika pada tahun 2013 harga di luar negeri dalam mata uang USD adalah $183,79, maka kini harganya sudah mencapai $223. Mungkin karena kualitasnya membuat procie ini laris atau kenaikan harga bahan baku dan sebagainya yg mengakibatkan harga CPU di dunia juga ikut terkerek naik.

  2. Motherboard

    msi-b75a-g43
    Biasanya cukup disebut dengan MoBo saja. Ini adalah papan ibu (motherboard) dari PC yg akan Anda bangun di rumah, layaknya seorang Ibu, semua anak-anaknya menempel dan bergantung pada ibunya, dimana semua perangkat keras (hardware) komputer Anda tertancap dan saling terhubung melalui Motherboard.

    MoBo ini menentukan socket procie apa yg Anda gunakan, berapa konektor USB, dan jenis slot kartu expansi serta jumlahnya yg bisa Anda pakai, dan sebagainya. Berhubung rekomendasi CPU yg saya berikan di atas menggunakan socket LGA 1155, maka berpengaruh pada MoBo yg akan sy rekomendasikan adalah sebagai berikut:

    Tips untuk memilih motherboard LGA 1155 terbaik: Pilihlah Motherboard dengan Chipset berkode seri 75 atau 77 (B75, Q75, Q77, H77, Z75, dan Z77). Salah satu Motherboard dengan socket LGA 1155 dan chipset B75 termurah yg tersedia di pasaran saat ini adalah ASROCK B75M-DGS dengan harga sekitar Rp 585.000,-. Tetapi tunggu dulu, itu adalah harga pada bulan Juni 2013. untuk bulan April - Mei 2015, harga terbaru adalah Rp 729.000,- (masih di kurs dollar Rp 12.949,-). Punya dana lebih? Gunakan: MSI B75A-G43 Gaming yg berbasis intel Socket LGA 1155. Harganya? Rp 1.153.000,- (lebih mahal sekitar Rp 424.000,-).

  3. VGA

    zotac-gtx660
    Kartu Grafis atau Video Graphic Accelerator (VGA) card adalah bagian penting yg menentukan kinerja dari gaming PC Anda. Graphic Processing Unit (GPU) yg tertanam di dalam kartu grafis dirancang secara khusus hanya untuk menangani proses menampilkan grafis di layar monitor Anda.

    Beberapa motherboards dan CPU sudah dilengkapi dengan GPU terintegrasi yg sebenarnya cukup untuk menangani game-game ringan, tetapi biasanya tidak cukup untuk memainkan game berbasis 3 dimensi. Sehingga untuk itu, Anda membutuhkan kartu grafis terpisah yg akan ditancapkan pada slot ekspansi di Motherboard Anda.

    Saya sebenarnya adalah penggemar dari NVidia GeForce GTX 650 Ti, tetapi untuk performa yang lebih dahsyat lagi, saya menyarankan Anda menggunakan NVIDIA GeForce GTX 660 dengan Video Random Access Memory (VRAM) sebesar 2GB. Itu akan cukup untuk meng-handle kebutuhan gaming Anda. Pilihan termurah ada di Zotac GTX 660 2Gb DDR5 NVidia PCI Express yg dijual seharga Rp 1.743.000,-.

  4. RAM

    Corsair_Vengeance_2X4GB
    Random Access Memory / RAM (atau sebut "Memory" saja biar singkat), adalah seperti ingatan jangka pendek yg dimiliki oleh kompie Anda. Ia menyimpan data sementara sesuai dengan kapasitas yg dimilikinya dan memberi komputer Anda akses cepat ke data tersebut agar program yg berjalan bisa lebih cepat, sehingga membuat Anda bisa menjalankan beberapa program sekaligus tanpa menghambat kinerja komputer.

    Melihat tingginya kebutuhan data sistem operasi, game, program, aplikasi, dan lain-lain di zaman sekarang yg membutuhkan penggunaan RAM sangat besar, RAM dengan kapasitas hanya 2 hingga 4 GB terasa pas-pasan apabila Anda berencana untuk menggunakan komputer Anda sebagai PC Gaming. Oleh karena itu saya sarankan Anda menggunakan RAM 8GB. Saran saya pribadi sih cukup menggunakan Corsair seri Vengeance Pro / GOLD 2 x 4GB yg dijual seharga Rp 985.000,- untuk dua buah kartu RAM masing-masing dengan kapasitas 4GB.

  5. SSD dan HDD

    ssd_vs_hdd
    Mengapa saya tulis SSD (Solid State Drive) dan HDD (Hard Disk Drive)? Ini untuk kepentingan Anda juga. HDD memang murah, tetapi ketinggalan zaman, lambat, dan bising. SSD lebih mahal hingga 4-5 kali lipat harga HDD, tetapi menawarkan Anda kecepatan, daya tahan, dan hening.

    Tidak usah beli SSD yang terlalu besar kapasitasnya, cukup 120GB saja, karena ini hanya untuk OS saja, sehingga memaksimalkan pengalaman Anda saat berkomputer ria. Sedangkan untuk penyimpanan data selain OS seperti install game, file video, foto, lagu, dll, baru gunakan HDD. Dengan menggunakan SSD sebagai primary hard drive (C) Anda, masuk ke Windows hanya butuh hitungan detik, membuka aplikasi pun tidak lebih dari semenit. Anda akan mendapatkan lonjakan performa secara signifikan.

    Pilihan termurah ada di Kingston SSDNow V300 SATA 6Gb/s 120GB - SV300S37A/120G - Black sudah termasuk + bracket seharga Rp 732.000,-. Sedangkan HDD nya gunakan saja WDC Blue 1TB SATA III 64Mb yg dibanderol seharga Rp

  6. PSU

    PSU_Corsair_CX750_Modular
    Ini adalah PLN bagi komputer Anda, menerangi dan menyediakan energi listrik untuk tiap-tiap komponen. Jangan pernah remehkan fungsi PSU, karena kerusakan atau tidak stabilnya pasokan listrik bisa mengakibatkan serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin (pusing pala barbie...).

    Intinya kerusakan PSU bisa menyebabkan kerusakan pada komponen PC yg lainnya. Misalnya kejutan daya listrik (electroshock) membuat satu kapasitor pada Motherboard Anda mati, bisa mengakibatkan keseluruhan system environment di dalam PC Anda tidak stabil, dan berujung pada kerusakan Hardisk, VGA, dll. Repot kan? Jadi mending persiapkan diri Anda untuk membeli PSU yg berkualitas.

    Sebenarnya kapasitas 750 watt terlalu berlebihan untuk gaming rig seperti diatas, tapi untuk memberi spare di sediaan daya listrik, tidak ada salahnya menyediakan sejak awal bila Anda berencana untuk melakukan upgrade di masa mendatang. Tetapi sebaiknya, sebelum merakit hitung dulu berapa watt kebutuhan daya listrik yg diminta oleh PC dengan komponen sebagaimana disebut diatas. Caranya bisa dibaca disini: Tips menghitung kebutuhan daya listrik Power Supply Unit untuk komputer.

  7. Casing

    Anda perlu menyatukan semua komponen tersebut di atas dalam satu rumah. Saat itulah casing dibutuhkan. Memilih sebuah casing PC gaming sebenarnya adalah keputusan yg gampang-gampang susah, bahkan bisa jadi ini lebih penting ketimbang memilih motherboard, oleh karena casing yg Anda pilih akan menentukan komponen seperti apa yg benar-benar pas untuk masuk ke dalamnya.

    Ini akan mempengaruhi seberapa mudah Anda membangun PC dari 0, bagaimana udara akan mengalir melalui komponen-komponen PC, sistem pendingin, fitur-fitur seperti screwless, bahan rangka yg digunakan, serta seberapa besar ukuran PC Anda. Rangka case PC ada beberapa jenis, mulai dari yg berukuran kecil seperti Mini-ITX yg artinya cukup ringkas untuk meja Anda, hingga yg berukuran besar seperti full tower yg dirancang untuk kemampuan upgrade maksimal dengan berbagai jenis parts tambahan. Tidak hanya itu, pemilihan casing juga akan menentukan tampilan PC Gaming Anda seperti apa, keindahan bentuk dan kecantikan gaming rig Anda.

hitungan sementara:
SPARE PARTSDESKRIPSIQTYJUMLAH
intel LGA 1155intel i5 3470 Box (3.2Ghz Cache 6MB) intel LGA 115512.320.000,-
MB. Intel 1155ASRock B75M-DGS R2.0 intel Socket 11551729.000,-
Memory DDR3Corsair CMY8GX3M2B2133C9R (2X4Gb) Vengeance Pro (Intel Haswell) DDR311.089.000,-
Harddisk 3.5InchWDC SATA III Blue 1 TB 64Mb 3.5Inch Int 3,5 Inch1661.000,-
VGA NVidiaZotac GTX 660 2Gb DDR5 NVidia PCI Exp.11.743.000,-
Casing Mid.TowerVenomrx God Of Wind 5 Turbo Fans, Screwless,hdd/ssd1502.000,-
Power SupplyCorsair CX750M (9020061-EU) 750W CXM Series (Modular)11.244.000,-
Harddisk SSDKingston SV300S37A/120G 120GB SATA 3 + Bracket (Garansi Resmi ME) SSD1732.000,-

TOTAL: Rp
9.020.000,-
— Share It —

Related Posts

1 comment

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter